Login or Register to make a submission.

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

A. Cara Menulis Judul, Nama, dan Alamat Penulis

Judul artikel harus ditulis pada bagian atas halaman pertama dengan posisi teks rata tengah. Sementara itu, nama penulis (tanpa gelar akademis), dan alamat afiliasi penulis, harus ditulis dengan garis tengah teks juga di bawah judul artikel. Penulis harus memberi dua baris spasi antara judul dan nama pengarangnya. Kemudian, ruang antara alamat afiliasi penulis dan judul abstrak adalah satu spasi. Kata kunci harus dituliskan di bawah keseluruhan abstrak untuk semua kata. Itu harus disusun menurut abjad dan dipisahkan secara semikolon maksimal tiga sampai lima kata. Selain itu, judul artikel yang ditulis dalam Bahasa Indonesia juga harus dinyatakan dalam bahasa Inggris. Penulis pertama harus ditulis terlebih dahulu dan kemudian diikuti oleh yang kedua, ketiga, dan seterusnya. Sedangkan penulis korespondensi diberi tanda bintang. Komunikasi mengenai revisi artikel dan pernyataan akhir akan diinformasikan via email ke penulis pertama, atau korespondensi. Jika ada lebih dari satu penulis, nama penulis harus ditulis secara terpisah dengan koma (,). Jika nama pengarang terdiri dari setidaknya dua kata, nama depan tidak boleh disingkat. Jika nama penulis hanya satu kata, maka tuliskan nama sebenarnya dalam satu kata. Namun, untuk tujuan pengindeksan metadata dalam versi online, nama tersebut akan ditulis dalam dua kata atau terulang. (Camdali dan Tunc, 2006; Fridman, 2008).

B.  Panduan Umum Artikel

Pedoman umum naskah naskah adalah sebagai berikut:

1.   Naskah adalah hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat 3 (tiga) tahun terakhir yang belum dipublikasikan di media publikasi atau penerbitan lain.

2.  Naskah tidak mengandung unsur plagiarisme. Dewan redaksi akan langsung menolak teks yang menunjukkan plagiarisme atau cek Turnintin lebih dari 25%.

3.   Proses pengiriman dan publikasi gratis, tanpa biaya tambahan.

4.   Naskah yang telah ditulis dengan pedoman Jurnal Abdi Inovatif (dalam format MS Word, gunakan template artikel ini) harus diserahkan melalui Sistem Submission Online dengan menggunakan Open Journal System (OJS) di portal jurnal Abdi Inovatif (http://ejournalunb.ac.id/index.php/abdi/index) memilih hanya satu prosedur. Kemudian, daftarkan diri sebagai salah satu penulis atau reviewer di bagian "Register".

5.   Naskah penulisan naskah pedoman dan template bisa diunduh. Template dan pedoman penulisan artikel tersedia dalam format MS Word (.doc).

6.   Naskah pengiriman naskah dapat dilihat di bagian panduan pengiriman online (poin E).

7.   Naskah harus sesuai dengan pedoman penulisan atau template Abdi Inovatif, jika tidak, maka akan dikembalikan kepada penulis sebelum proses peninjauan.

8.   Naskah tersebut harus berisi beberapa aspek dari sebuah artikel ilmiah sebagai berikut: (sub judul sebagai urutannya), yaitu: (a) judul artikel, (b) nama pengarang (tidak ada judul akademis), (c) Alamat penulis yang diilustrasikan, (d) email pengarang (e) abstrak dan kata kunci, (f) pendahuluan, (g) pelaksanaan dan metode, (h) hasil dan pembahasan, (i) penutup, dan (j) daftar pustaka.

9.   Hindari penggunaan sub judul di dalam tubuh artikel. Jika terdapat sub judul, maka sub judul ditulis dalam format huruf tebal dan huruf kapital pada awal kata. Menggunakan alignment teks kiri tanpa garis bawah.

10. Naskahnya bisa ditulis baik dalam bahasa Indonesia. Artikel itu terdiri dari sepuluh (10) sampai lima belas (15) halaman termasuk gambar dan tabel. Naskah harus ditulis sesuai dengan template artikel. Artikelnya ditulis pada kertas berukuran A4 (210x297 mm), dengan margin kustom sebagai berikut: kiri 20 mm, kanan 20 mm, bawah 25 mm dan atas 30 mm.

11. Teks artikel harus ditulis menggunakan font Times New Roman, ukuran huruf 12pt, 2 garis-spasi, dipisahkan menjadi dua kolom (kecuali judul utama, nama pengarang, dan abstrak) dengan spasi di antara kolom 10 mm.

12. Kata, frase, klausa, dan kalimat dari bahasa asing dinyatakan dalam format Italic. Untuk artikel dalam Bahasa Indonesia, istilah atau kata-kata asing harus dihindari. Setiap paragraf mulai 10mm dari sisi kiri perbatasan sementara tidak ada spasi antar paragraf. Semua nomor ditulis dalam format penomoran Arab, kecuali kalimat baru.

13. Tabel dan gambar ditempatkan pada kelompok teks setelah tabel atau gambar yang direferensikan. Setiap gambar harus diberi judul di bawah gambar dan diberi nomor dalam format penomoran Arab yang diikuti oleh judul gambar. Setiap tabel harus diberi judul dan diberi nomor dalam format penomoran Arab di atas tabel diikuti dengan judul tabel. Gambar lampiran harus dapat dicetak dengan baik (ukuran font, resolusi dan ruang garis terlihat jelas). Gambar, tabel, dan bagan harus ditempatkan di tengah antara kelompok teks. Jika memiliki ukuran lebih besar, bisa diletakkan di tengah halaman. Tabel tidak boleh berisi garis vertikal, sedangkan garis horisontal hanya diijinkan untuk titik penting.

C.  Panduan untuk Teks Tubuh Artikel

Judul artikel: Judul harus informatif dan ditulis baik secara singkat dan jelas, tidak menyebabkan beragam interpretasi, harus tepat dengan isu-isu yang akan dibahas. Kata awal ditulis dalam huruf kapital dan simetris. Judul artikel tidak mengandung singkatan yang tidak lazim. Gagasan utama harus ditulis terlebih dahulu dan kemudian diikuti oleh penjelasannya. Judul artikel tidak lebih dari dalam dua belas (12) kata, huruf berukuran 12pt, dengan dicetak tebal dan teks rata tengah. Abstrak: harus ditulis dalam 150-300 kata serta diikuti dengan tiga sampai lima kata kunci.
Pendahuluan: bagian pendahuluan terutama berisi: (1) analisis situasi; (2) permasalahan mitra; (3) solusi yang ditawarkan; dan (4) target luaran.

Pelaksanaan dan Metode: pada dasarnya bagian ini menjelaskan pelaksanaan dan metode pengabdian. Uraian pelaksanaan kegiatan meliputi lokasi, waktu, latar belakang peserta, dan banyak peserta. Sedangkan, uraian metode kegiatan meliputi metode dan materi yang disampaikan.

Hasil dan Pembahasan: bagian ini merupakan bagian utama artikel hasil pengabdian dan biasanya merupakan bagian terpanjang dari suatu artikel. Hasil pengabdian yang disajikan dalam bagian ini adalah hasil “bersih”. Proses analisis data tidak perlu disajikan. Tabel dan grafik dapat digunakan untuk memperjelas penyajian hasil pengabdian. Tabel dan grafik harus diberi komentar atau dibahas. Pembahasan dalam artikel bertujuan untuk: (1) menunjukkan bagaimana implementasi atau solusi yang ditawarkan untuk mengatasi masalah mitra; (2) menunjukkan bagaimana luaran dari implementasi atau solusi tersebut sebagai indikator keberhasilan program; serta (3) menjelaskan faktor-faktor pendorong atau penghambat pelaksanaan program.

Penutup: Penutup berisi simpulan dan saran yang masing-masing ditulis sebagai sub judul.

Ucapan Terima Kasih: disampaikan kepada seluruh pihak yang membantu dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Daftar Pustaka: Semua referensi yang digunakan dalam artikel harus dicantumkan di bagian ini. Pada bagian ini, semua referensi yang digunakan harus diambil dari sumber utama (jurnal ilmiah dan yang paling sedikit adalah 80% dari semua referensi) yang diterbitkan dalam sepuluh tahun terakhir. Setiap artikel harus memiliki setidaknya sepuluh referensi.

D.  Panduan untuk Kutipan dan Referensi

Semua data atau kutipan yang disajikan dalam artikel, yang diambil dari artikel penulis lainnya harus melampirkan sumber referensi. Referensi harus menggunakan manajemen aplikasi referensi seperti Mendeley, End Note, atau Zotero. Format penulisan yang digunakan dalam Abdi Inovatif (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat) mengikuti format yang diterapkan oleh APA 6th Edition (American Psychological Association).

E.  Panduan Artikel Online Submission

1. Penulis harus mendaftar sebagai penulis atau reviewer (memeriksa peran sebagai penulis atau reviewer) di "Register" atau SINI.

2. Setelah langkah registrasi selesai, masuk sebagai penulis, klik "New Submission". Tahap penyerahan artikel terdiri dari lima tahap, yaitu: (1). Mulai, (2). Upload Submission, (3). Masukkan Metadata, (4). Upload File Tambahan, (5). Konfirmasi.

  • Di kolom "Start", pilih Section Journal (Full Article), periksa semua daftar periksa.
  • Di kolom "Upload Submission", upload file artikel dalam format MSWord di kolom ini.
  • Pada kolom "Enter Metadata", isi dengan semua data dan afiliasi penulis. Termasuk Judul Jurnal, Abstrak dan Kata Kunci Pengindeksan.
  • Di kolom "Upload Supplementary Files", penulis diperbolehkan mengunggah file pelengkap, surat pernyataan, atau yang lain lainnya.
  • Di kolom "Konfirmasi", jika data yang Anda masukkan sudah benar, klik "Finish Submission".

3. Jika penulis mengalami kesulitan dalam proses penyampaian melalui sistem online, silahkan hubungi tim editorial Abdi Inovatif di pusatjurnal.unb@gmail.com