PENERAPAN PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING MELALUI PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL BERBASIS BUDAYA LOKAL

Main Article Content

Andika Adinanda Siswoyo
Rifky Choirun Nizar
Meyrina Putri Patriana
Widya Prastica Dian Puspita
Abdulloh Fikri
Dicky Julian Pratama

Abstract

Rendahnya kemampuan literasi budaya siswa di UPT SDN Paterman 2 Modung, salah satunya dipengaruhi oleh keterbatasan kemampun guru dalam mendesain pembelajaran aktif yang terintegrasi budaya lokal setempat. Pelaksanaan Program Abdimas ini bertujuan untuk memberikan pelatihan terstruktur kepada guru melalui program pembelajaran active learning yang mengkolaborasikan budaya lokal tanean lanjhang dan Rokat Tase’ kedalam media pembelajaran digital. Selain itu, pelatihan bagi siswa dilakukan dengan menerapkan media pembelajaran digital berbasis budaya lokal, guna menumbuhkan kecakapan siswa akan liteasi budaya. Program abdimas ini dilaksanakan SDN Patereman 2 Modung. Berdasarkan hasil pelaksanaan kegiatan, respon guru sangat baik dilihat dari efektivitas program, kemenarikan program maupun keberlanjutan program. Sedangkan pembelajaran yang dilakukan kepada siswa mampu meningkatkan ketuntasan belajar siswa mencapai 78% tuntas secara klasikal. Oleh karena itu dapat disimpulkan jika program abdimas yang dilakukan dengan subjek sasaran siswa dan guru di UPTD SDN Patereman 2 efektif diterapkan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Siswoyo, A. A., Nizar, R. C., Patriana, M. P., Puspita, W. P. D., Fikri, A., & Pratama, D. J. (2023). PENERAPAN PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING MELALUI PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL BERBASIS BUDAYA LOKAL . Prosiding Seminar Nasional Sinergi Riset Dan Inovasi, 1(1), 131–140. https://doi.org/10.31938/psnsri.v1i1.525
Section
Articles

Metrics

Most read articles by the same author(s)