PENGARUH CUSTOMER VALUE DISCLOSURE (CVD) DAN RESEARCH & DEVELOPMENT DISCLOSURE (CVD) TERHADAP LABA
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh Customer Value Disclosure (CVD) dan Research and Development Disclosure (RDD) terhadap laba. Tujuannya untuk mengetahui komponen mana yang lebih dapat menciptakan laba khususnya di era transformasi bisnis saat ini. Penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan tiga kriteria menghasilkan 211 observasi setelah dikurangi outlier, periode 2015 – 2020 pada perusahaan di tiga kategori industri berdasarkan IDX Industrial Classification (IDX-IC) serta menggunakan database OSIRIS dan laporan tahunan. Hasilnya, hanya Research and Development Disclosure (RDD) yang dapat menciptakan laba bagi perusahaan. Seluruh aktivitas riset contohnya duplikasi bibit unggul, pengembangan produk berbasis kedelai, pengembangan biosecurity dan pakan ikan serta alokasi biaya riset justru dapat meningkatkan laba di era transformasi bisnis yang terus berjalan.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.