PENGEMBANGAN KOMPETENSI GURU MELALUI SEMINAR METODE DAN MEDIA PEMBELAJARAN PAI DI MADRASAH DINIYAH AL-IHYA KECAMATAN BOGOR BARAT, KOTA BOGOR

Main Article Content

Ratu Dinny Fauziah
Muhammad Rizal

Abstract

The development of learning methods and media is very important in learning in schools or madrasas, learning will be said to be effective if you choose the right learning methods and media because it can facilitate teaching and learning activities, especially in learning Islamic Religious Education so that learning objectives are achieved. To improve competence in learning at Madrasah Diniyah Al Ihya, our team of lecturers from STIT Insan Kamil Bogor provides abdimas counseling activities on the development of PAI learning methods and media, as alternative solutions to existing problems. The purpose of this community service activity is to provide counseling regarding alternatives to several learning models and after understanding the various models and learning methods presented, Madrasah Diniyah Al Ihya teachers are expected to be able to teach with various alternative methods so that learning objectives can be achieved if problems occur, especially regarding interests and student interest. The research method used is a qualitative method, namely by collecting data in the form of surveys, direct observations and counseling. The results of this study are the increasing competence of educators in the form of knowledge and understanding of the Majlis Al-Ihya congregation in the development of PAI learning methods and the skills of the congregation in developing PAI learning methods are increasing.


Keywords: Islamic Religious Education, methods, learning media


Abstrak


Pengembangan metode dan media pembelajaran sangatlah penting dilakukan dalam suatu pembelajaran di sekolah maupun madrasah. Pembelajaran dinyatakan efektif jika penggunaan metode dan media pembelajaran yang digunakan sesuai untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), sehingga tujuan pembelajaran akan tercapai. Tim dosen STIT Insan Kamil Bogor telah memberikan kegiatan seminar abdimas tentang pengembangan kompetensi guru melalui seminar metode dan media pembelajaran PAI dengan tujuan para pengajar dapat meningkatkan kompetensi pembelajaran di Madrasah Diniyah Al Ihya untuk mengatasi permasalahan mengenai minat dan ketertarikan anak didik. Pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Madrasah Diniyah Al Ihya menggunakan metode kualitatif dengan cara mengumpulkan data berupa survei, pengamatan langsung dan seminar.  Pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, hasil pengamatan melalui metode survei yang dilakukan oleh pelaku kegiatan menunjukkan hasil dengan bertambahnya pengetahuan dan meningkatnya kompetensi pendidik berupa pemahaman dalam pengembangan metode pembelajaran PAI, sehingga metode dan media pembelajaran ini efektif untuk digunakan di pembelajaran khususnya di Madrasah Diniyah Al Ihya.


Kata Kunci: Pendidikan Agama Islam (PAI), metode, media pembelajaran

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Fauziah, R. D., & Muhammad Rizal. (2024). PENGEMBANGAN KOMPETENSI GURU MELALUI SEMINAR METODE DAN MEDIA PEMBELAJARAN PAI DI MADRASAH DINIYAH AL-IHYA KECAMATAN BOGOR BARAT, KOTA BOGOR. Jurnal Abdi Inovatif (Pengabdian Kepada Masyarakat), 3(1), 50–63. Retrieved from https://ejournalunb.ac.id/index.php/abdi/article/view/589
Section
Articles
Author Biography

Muhammad Rizal, STIT Insan Kamil Bogor

Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT)  Insan Kamil Bogor, Prodi Pendidikan Agama Islam

Metrics

References

Fitriyah, M. (2020). Interaksi Edukatif Guru Dengan Siswa Dalam Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 3(1), 58–71. https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v3i1.555

Hadijah, S., & Surya, E. (2016). Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Trade A Problem Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII MTs Tanjung Pura Materi Kubus dan Balok TA . 2013 / 2014. AdMathEdu, 6(1), 67–76.

Hernawati, H. (2015). Penggunaan Bahasa Ibu Sebagai Pengantar dalam Pembelajaran Bahasa. SEMANTIK JOURNAL-Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2), 83–91.

Husna, H., & Burais, F. F. (2019). Penerapan Pendekatan Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Berdasarkan Level Siswa. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 11(1), 82. https://doi.org/10.35445/alishlah.v11i1.97

Indriani, N., Aisyah, A. N., & Elok, F. N. (2021). Pembelajaran Satu Arah Menyebabkan Pembelajaran Matematika Tidak Bermakna. Jurnal Amal Pendidikan, 2(3), 196. https://doi.org/10.36709/japend.v2i3.23011

Respati, Y. A. (2018). Collaborative Learning Dalam Upaya Peningkatan Keaktifan. Jurnal Efisiensi - Kajian Ilmu Administrasi, XV(2), 15–23.

Saputra, E., Anwar, K., Oktarina, Y., & Istiani, N. (2022). Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam dalam Memotivasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Islamic Education Studies, 5(1), 39–52.

Sutarmi, K., & Suarjana, I. M. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Problem Solving dalam Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(2), 75. https://doi.org/10.23887/jisd.v1i2.10141

Syafruddin, S. (2017). Implementasi Metode Diskusi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa. CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1(1), 63–73. https://doi.org/10.22373/crc.v1i1.1384

Taufik. (2011). Pembelajaran Bahasa Arab MI (Metode Aplikatif dan Inovatif berbasis ICT). PMN.

Wardiah, D. (2017). Peran Storytelling dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis, Minat Membaca dan Kecerdasan Emosional Siswa. Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan, 15(2), 42–56. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/didaktika/article/view/1236

Zainudin. (2023). Ranah Kognitif , Afektif dan Psikomotorik Sebagai Objek Evaluasi Hasil Belajar Peserta Didik. ILJ: Islamic Learning Journal (Jurnal Pendidikan Islam), 1(3), 915–931.