PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD UNTUK GURU-GURU DI SDN KEDUNGREJO MEGALUH DAN IMPLEMENTASINYA PADA PESERTA DIDIK

Main Article Content

Iin Baroroh Ma'arif
Luluk Choirun Nisak Nur
Denoena Hanifah
Firda Nur Laili

Abstract

Abstract
At the elementary school level, English is one of the mandatory local content for students. Several factors in learning English at school lead to low memory and understanding of English vocabulary at the elementary school level. One is that the media used in some schools could be more varied, so it does not attract students' interest in learning. This PKM program was carried out by the academic community of KH University. A. Wahab Hasbullah Tambakberas Jombang. This PKM program aims to increase the interest and enthusiasm of students and is accompanied by an increase in their English vocabulary. The method used in this PKM program is Community Based Research (CBR). Based on the results of observations and implementation, the training provided makes it easier for teachers to teach English to their students. This can be seen from students' responses during the learning process and the questionnaire results given to 20 grade 4 students at SDN Kedungrejo Megaluh. The result is an increase in students' memory of English vocabulary from their activity when given some questions to provoke their memory of the material being taught. The PKM activities can be a reference for teachers to create an innovation in a learning system so that students can easily understand the subjects they are studying.
Keywords: Training, Learning Media, Flashcard


Abstrak
Pada jenjang Sekolah Dasar, mata pelajaran Bahasa Inggris merupakan salah satu muatan lokal wajib bagi peserta didik. Beberapa faktor yang menyebabkan rendahnya daya ingat dan pemahaman kosakata bahasa Inggris di jenjang Sekolah Dasar salah satunya yaitu media yang digunakan di beberapa sekolah terlalu monoton, sehingga kurang menarik minat peserta didik terhadap pembelajaran. Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini dilakukan oleh sivitas akademika Universitas KH. A. Wahab Hasbullah, Tambakberas, Jombang. Program PKM ini bertujuan untuk membuat minat dan antusiasme peserta didik menjadi meningkat, serta disertai dengan adanya peningkatan perbendaharaan kosa kata bahasa Inggrisnya. Metode yang digunakan dalam program PKM ini adalah Community Based Research (CBR). Berdasarkan hasil observasi serta implementasi yang dilakukan, dapat dilihat bahwa pelatihan yang diberikan memudahkan guru-guru mengajarkan bahasa Inggris kepada peserta didiknya. Hal ini dapat dilihat dari respon peserta didik selama proses pembelajaran dan hasil angket yang diberikan kepada 20 peserta didik kelas 4 SDN Kedungrejo Megaluh. Hasilnya adalah terlihat adanya peningkatan daya ingat peserta didik terhadap kosakata bahasa Inggris dari keaktifan mereka ketika diberikan beberapa pertanyaan dengan tujuan untuk memancing daya ingat mereka dari materi yang diajarkan. Kegiatan PKM yang dilakukan dapat menjadi acuan bagi guru-guru untuk membuat suatu inovasi dalam suatu sistem pembelajaran agar peserta didik dapat dengan mudah memahami mata pelajaran yang mereka pelajari.
Kata Kunci: Pelatihan, Media Belajar, Flashcard

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Ma’arif, I. B., Nur, L. C. N., Denoena Hanifah, & Firda Nur Laili. (2023). PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD UNTUK GURU-GURU DI SDN KEDUNGREJO MEGALUH DAN IMPLEMENTASINYA PADA PESERTA DIDIK. Jurnal Abdi Inovatif (Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(1), 39–50. https://doi.org/10.31938/jai.v2i1.459
Section
Articles

Metrics

References

Alam, S. K., & Lestari, R. H. (2019). Pengembangan Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Usia Dini dalam Memperkenalkan Bahasa Inggris Melalui Flash card. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 274–279. https://doi.org/10.31004/OBSESI.V4I1.301

Bahtiar, Y., Fikri, A. K., & Khasibah, N. (2022). Pendampingan Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris Santri di Pondok Pesantren. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 100–104. https://doi.org/10.32764/abdimaspen.v3i2.2821

Devi Maharani Santika, I. D. A., Mahatma Agung, I. G. A., & Apriliani, K. (2021). Video Pembelajaran untuk Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris Tingkat Sekolah Dasar. International Journal of Community Service Learning, 5(4), 342. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v5i4.40865

Fitriyani, E., & Nulanda, P. Z. (2017). Efektivitas Media Flash cards dalam Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(2), 167–182. https://doi.org/10.15575/psy.v4i2.1744

Hanafi, M., Naily, N., Salahuddin, N., Kemal Riza, A., Fikri Zuhriyah, L. M., Rakhmawati, Ritonga, I., Muhid, A., & Dahkelan. (2015). Community based research : Panduan Merancang dan Melaksanakan Penelitian Bersama Komunitas. LPPM UIN Sunan Ampel Surabaya, 1–146. http://lp2m.iain-palangkaraya.ac.id/wp-content/uploads/2017/04/3.-Pengantar-CBR-cover.pdf

Hasanah, T. A., Victoria, D. C., & Anita, I. (2019). Penggunaan Media Flash card untuk Meningkatkan Daya Ingat Kosakata Bahasa Inggris Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar. Primaria Educationem Journal (PEJ), 2(2), 187–192.

Hotimah, E. (2017). Penggunaan Media Flashcard dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa Pada Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Kelas II MI Ar-Rochman Samarang Garut. Jurnal Pendidikan UNIGA, 4(1), 10–18.

Iswari, F. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Inggris Berupa Flash card Bergambar Pada Tingkat Sekolah Dasar. Deiksis, 9(02), 119. https://doi.org/10.30998/deiksis.v9i02.1375

Lindawati, N. P. (2018). Keefektifan Pengajaran Kosakata Bahasa Inggris. 2(2), 59–65.

Maarif, I. B., Agustina, U. W., Mawarni, O. D. A., & Subiyanto, A. (2022). Penerapan E-Modul Berbasis Digital Flip Book untuk Menanggulangi Penyalahgunaan Narkoba dan Kenakalan Remaja di Desa Bedahlawak. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 30–37. https://doi.org/10.32764/abdimaspen.v3i1.2423

Mahardika, A. I., Wiranda, N., & Pramita, M. (2021). Pembuatan Media Pembelajaran Menarik Menggunakan Canva untuk Optimalisasi Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 4(3), 275–281.

Maryanto, R. I. P., & Wulanata, I. A. (2018). Penggunaan Media Flash card untuk Meningkatkan Pengenalan Bentuk Huruf Siswa Kelas I Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Abc Manado. Pedagogia, 16(3), 305. https://doi.org/10.17509/pdgia.v16i3.12073

Rafael, A. M. D., Enstein, J., Nahak, R., & Lopez, M. (2022). Pemanfaatan Media Pembelajaran Flash card dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas Tinggi di SD I Supul Meo. Pengabdian Masyarakat Dan Ilmu Pendidikan, 25–29.

Sinaga, A. B., M.Hum, F. A. A. S., & Nainggolan, M. F. (2022). Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris dengan Media Flash card di TK Anugerah Ester Simalingkar B Medan. Jurnal Abdimas Mutiara, 3(1), 233–242.

Susilawaty, A., Ahmad, D., Babcock, T., Babcock, T., & Janzen, R. (2016). Panduan Riset Berbasis Komunitas (Community Based Research) (Issue 35).

Zettira, S. B. Z., Febrianti, N. A., Anggraini, Z. A., Prasetyo, M. A. W., & Tripustikasari, E. (2022). Pelatihan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Kreativitas Desain Promosi Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Jurnal Abdimas Prakasa Dakara, 2(2), 99–105. https://doi.org/10.37640/japd.v2i2.1524

Zubaidillah, M. H., & Hasan, H. (2019). Pengaruh Media Kartu Bergambar (Flash card) Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Arab. Al Mi’yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 2(1),41. https://doi.org/10.35931/am.v2i1.90