ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP KUALITAS PRODUK DAN PELAYANAN KEDAI KOPI DI KABUPATEN SLEMAN

Main Article Content

Iqbal Suandhika Putra
Ismiasih Ismiasih
Danik Nurjanah

Abstract

ABSTRACT



The development of the business world today is increasingly advanced and growing rapidly. Each business seeks to increase its competitiveness by improving the quality of products and services. This study aims to analyze consumer satisfaction on coffee shop product and service quality in Sleman-DIY Regency. The method of sample determination using the incidental sampling method. In this method the sample chosen by sudden or by presence opportunity at the research location. Respondents in the study were 90 respondents who were taken from three coffee shops with 30 samples each. The types of data used primary data and secondary data. Data analysis used the Customer Satisfaction Index (SCI) method. Based on the results of the study, it is known that the level of consumer satisfaction on product and service quality at coffee shops A, B, and C in Sleman Regency, DIY was very satisfiy.


ABSTRAK



Perkembangan dunia bisnis saat ini semakin maju dan berkembang pesat. Masing-masing bisnis berupaya untuk meningkatkan daya saingnya dengan perbaikan pada kualitas produk dan pelayanan. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menganalisis kepuasan konsumen terhadap kualitas produk dan pelayanan terhadap kedai kopi di Kabupaten Sleman-DIY. Metode penentuan sampel menggunakan metode sampling incidental yaitu teknik penentuan sampel dengan cara spontan berdasarkan keberadaan responden di lokasi penelitian. Responden dalam penelitian sebanyak 90 responden yang diambil dari tiga kedai kopi dengan masing-masing kedai sebanyak 30 sampel. Jenis data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Analisis data menggunakan metode Customer Satisfaction Index (CSI). Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas produk maupun kualitas pelayanan pada kedai kopi A, B dan C di Kabupaten Sleman DIY adalah sangat puas.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Putra, I. S., Ismiasih, I., & Nurjanah, D. (2022). ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP KUALITAS PRODUK DAN PELAYANAN KEDAI KOPI DI KABUPATEN SLEMAN. Agrisintech (Journal of Agribusiness and Agrotechnology), 3(2), 39–46. https://doi.org/10.31938/agrisintech.v3i2.406
Section
Articles
Author Biographies

Iqbal Suandhika Putra, Institut Pertanian Yogyakarta

Prodi Agribisnis, Fakultas Pertanian Instiper Yogyakarta

Ismiasih Ismiasih, Instiper Yogyakarta

Prodi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Instiper Yogyakarta

Danik Nurjanah, Instiper Yogyakarta

Prodi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Instiper Yogyakarta

Metrics

References

Andini, S. F., & Waluyo, M. (2022). Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan dengan Metode CSI dan Analisis SWOT dalam Menentukan Strategi Pemasaran. Juminten, 3(1), 73–84. https://doi.org/10.33005/juminten.v3i1.373

BPS. (2021). Statistik Kopi Indonesia 2020. Badan Pusat Statiktik.

Irfan, A. M. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Fasilitas Yang Diberikan Kenari Waterpark Bontang Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan. Al-Infaq: Jurnal Ekonomi Islam, 9(2), 82. https://doi.org/10. 32507/ajei.v9i2.451

Jufriyanto, M. (2020). Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Pada Kualitas Pelayanan Kedai Kopi Shelter. Matrik, 20(2), 79. https://doi.org /10.30587/matrik.v20i2.1131

Kakambong, M., Kalangi, J. A. F., Punuindoong, A. Y., Studi, P., Bisnis, A., & Administrasi, J. I. (2020). Pengaruh Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen di Kedai Kopi 14. Productivity, 1(4), 361–367. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/productivity/article/view/30229

Kumalaningrum, F., Widajanti, E., & Sutarno. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Moderasi (Studi pada Konsumen CS Kopi Tubruk Surakarta). Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 16(2), 78676.

Lie, D., Butarbutar, M., Simatupang, S., Efendi, E., & Damanik, H. A. (2021). Pengaruh lokasi terhadap kepuasan konsumen pada Kedai Kopi Baravi Pematangsiantar. Strategic: Journal of Management Sciences, 1(2), 32-41. http://jurnal.stiesultanagung.ac.id/index.php/strategic/article/view/19

Nasution, N. (2015). Manajemen Mutu Terpadu (Edisi ke-2). Bogor (ID): Ghalia Indonesia.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D.Bandung (ID): Alfabeta

Syahsudarmi, S. (2018). Pengaruh Fasilitas Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Kedai Kopi Bengkalis Di Pekanbaru. Journal Development, 6(1), 47–60. https://doi.org/10.53978/jd.v6i1.67

Syakir, M., & Surmaini, E. (2017). Perubahan Iklim Dalam Konteks Sistem Produksi Dan Pengembangan Kopi Di Indonesia / Climate Change in the Contex of Production System and Coffee Development in Indonesia. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pertanian, 36(2), 77. https://doi.org/10.21082/jp3.v36n2.2017.p77-90

Tekege, A. C., Anggarawati, S., & Eka, A. A. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengambilan Keputusan Pembelian Teh Pucuk Harum (Studi Kasus Di Universitas Nusa Bangsa) (Factors That Influence The Behavior Of Consumer Behavior In Purchasing Decision Teh Pucuk Harum (Case Studi At The Nusa Bangsa Univer. Journal of Agribusiness and Agrotechnology, 1(2), 79–88. http://ejournalunb.ac .id/index.php/AGRI/article/view/288