FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN TEH PUCUK HARUM (STUDI KASUS DI UNIVERSITAS NUSA BANGSA)

Main Article Content

Anna Clara Tekege
Sari Anggarawati
Anak Agung Eka Suwarnata

Abstract

Meningkatnya konsumsi minuman ringan terutama di industri teh siap minum yang terjadi di pasar Indonesia membuktikan bahwa pasar teh siap minum memiliki prospek yang cerah. PT Mayora sebagai produsen dengan merek Teh Pucuk Harum melihat peluang tersebut, dan memproduksi teh siap minum dalam kemasan. Salah satu target konsumen Teh Pucuk Harum adalah mahasiswa di lingkungan kampus. Sebagai upaya meningkatkan penjualan, tentu perlu memahami perilaku konsumen sehingga perusahaan mengetahui dan memenuhi kebutuhan konsumen. Berdasarkan hal tersebut, peneliti ingin mengidentifikasi karakteristik konsumen, mengetahui proses pengambilan keputusan membeli, dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan konsumen dalam pembelian Teh Pucuk Harum. Penelitian ini dilakukan di Universitas Nusa Bangsa. Penentuan sampel menggunakan rumus Slovin. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Kemudian dianalisis menggunakan analisis faktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik konsumen yang mempengaruhi keputusan pembelian adalah usia, jenis kelamin, pekerjaan, uang bulanan, pendapatan, pengeluaran per bulan, sumber dana, asal daerah dan tempat tinggal. Pada proses keputusan pembelian, atribut produk sangat dipertimbangkan oleh konsumen. Konsumen melakukan pembelian berdasarkan inisiatif sendiri dan harga. Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian berdasarkan hasil analisis faktor adalah faktor produk dan faktor promosi.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Tekege, A. C., Anggarawati, S., & Suwarnata, A. A. E. (2021). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN TEH PUCUK HARUM (STUDI KASUS DI UNIVERSITAS NUSA BANGSA). Agrisintech (Journal of Agribusiness and Agrotechnology), 1(2), 79–88. https://doi.org/10.31938/agrisintech.v1i2.288
Section
Articles
Author Biographies

Anna Clara Tekege, Prodi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Nusa Bangsa

Prodi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Nusa Bangsa

Sari Anggarawati, Prodi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Nusa Bangsa

Prodi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Nusa Bangsa

Anak Agung Eka Suwarnata, Prodi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Nusa Bangsa

Prodi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Nusa Bangsa

Metrics

References

ASRIM. (2019). Asosiasi Industri Minuman Ringan.[internet]. tersedia di http://www.pubinfo.id/instansi-1053-asrim-asosiasi-industri-minuman-ringan.htmla [diakses pada 16 januari 2019].

Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK) UNB. (2019). Data Jumlah Mahasiswa Universitas Nusa Bangsa Bogor. Bogor: Universitas Nusa Bangsa.

Indrajaya, Richie. (2008). Jangan Takut Mulai Bisnis. MeBook, Jakarta: Grup Puspa Swara.

Jonathan, Sarwono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Maholtra Naresh K, .(1996). Marketing Research, An Applied Orientation, NJ, Prentice Hall, Inc.

Nazir, M. (2003). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Santoso, Singgih. (2004). Mengatasi Berbagai Masalah Statistik dengan SPSS Versi 11.5. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Soekartawi. (2005). Agroindustri Dalam Perspektif Sosial Ekonomi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Bisnis. Edisi 1. Bandung: Alfabeta.

Suliyanto (2005), Analisis Data Dalam Aplikasi Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Wijaya, I Putu Satya dan Giantari, Gusti Ayu Ketut. (2018). Analisis Elemen Elemen Brand Equity Pada Produk Minuman Teh Dalam Kemasan Di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud, 7(3), 1339-1367

Most read articles by the same author(s)